Proposal

YIMs Proposal

MUKADIMAH

Dengan berhamdalah dan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan seru sekalian alam yang dengan izinnya telah lahirYayasan Indonesia Membangun Sejahtera (YIMs) sebagai sarana pengabdian kepada Allah SWT dalam bentuk lembaga sosial yang hadir untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung dan anak-anak yatim yang membutuhkan biaya hidup seperti kebutuhan pangan,sandang dan pendidikan. YIMs disahkan dengan Akta pendirian notaries tertanggal 10 September 2019.

Usia yang masih seumur jagung bagi sebuah lembaga,tentu kami sangat membutuhkan support dan partisipasi seluruh elemen masyarakat,intansi pemerintah mahupun swasta didalam rangka bersama-sama membantu kaum dhuafa dan yatim didalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari,sebagai lembaga sosial yang baru seumur jagung ini YIMs belum mempunyai sumber pendana atau donator tetap untuk mewujudkan program-program bantuan social kepada masyarakat.

Namun demikian YIMs akan terus berjuang sekuat tenaga berkonsolidasi dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta agar program-program bantuan social kepada masyarakat dhuafa dan yatim piatu dapat diwujudkan dengan baik dan transparan,akuntable serta amanah.

Salam hormat dan terimakasih yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada Dewan Pembina,Pengawas,Pengurus,Duta,Masyarakat dan Instansi terkait lainnya serta seluruh Civitas akademika YIMs yang telah berkontribusi,bekerja keras hngga lahirnya YIMs,semoga lembaga sosial yang kami dirikan ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Dan pada akhirnya hanya kepada Allah Ta’ala kita memohon pertolongan dan ridho-Nya agar dalam perjalanannya YIMs senantiasa diberikan bimbingan,kekuatan dan keberkahan dalam mengemban tugas mulia yakni memberi manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Indonesia.

1.Pendahuluan

Yayasan Indonesia Membangun Sejahtera adalah organisasi non profit dan non pemerintah yang memiliki mandate untuk pemberdayaan masyarakat dibidang sosial,pendidikan keagamaan,kesehatan,kelestarian lingkungan hidup dan perdamaian.

NILAI DAN PRINSIP ORGANISASI                   

Yayasan Indonesia Membangun Sejahtera dibangun berlandaskan azas kepedulian dan keberpihakan terhadap kaum dhuafa dan yatim piatu melalui pelayanan kemanusiaan sebagai bentuk solidaritas social sesama anak bangsa yang dilandasi keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan,kesetaraan,integritas,kesederhanaan,dan inklusivitas yang didefinisikan sebagai berikut:

  1. Nilai-nilaikemanusiaan:setiap manusia adalah saudara,didalam lingkungan Yayasan Indonesia Membangun Sejahtera persaudaraan dibangun atas dasar kemanusiaan, bukan berdasarkan kesukuan.
  2. Kesetaraan: setiap individu/kelompok yang terlibat di Yayasan Indonesia Membangun Sejahtera adalah manusia merdeka yang bermartabat dan harus dihormati keberadaan dan perannya dan proaktif dalam setiap kegiatan yayasan baik dilingkungan internal mahupun eksternal.
  3. Integritas: Menjunjung tinggi nilai dan prinsip organisasi,akuntable dalam setiap pekerjaan atau tugas yang diembannya,konsekuenatas tindakannya sebagai apiliasi dari nilai dan prinsip organisasi.
  4. Kesederhanaan: memiliki sikap sederhana yang tidak terjebak dalam pola hidup hedonis dan konsumerisme sehingga mampu mengoptimalkan sumber daya dan sarana dalam setiap tingkatan dan wilayah kerjaYayasan Indonesia Membangun Sejahtera
  5. Inklusivitas:memiliki sikap toleransi yang tinggi dengan tidak membeda-bedakan suku,agama dan latar belakang didalam memberikan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat,positif thinking terhadap apapun yang terjadi,memiliki kepekaan sosial yang tinggi dan memiliki kesadaran bahwa keberadaannya selalu membutuhkan orang lain.

Selalu rendah hati untuk membuka pintu seluas-luasnya kepada organisasi lain yang memiliki kesamaan nilai dan prinsip.segenap pengurus dan civitas akademika Yayasan Indonesia Membangun Sejahtera harus berusaha sekuat tenagauntuk menerapkan nilai-nilai tersebut kedalam kehidupan sehari-hari dengan motto: “Hidup damai dan toleransi menuju Persatuan Indonesia”

Dalam menjalankan manajemen oganisasi di setiap tingkatan dan wilayah kerja,baik  personal kolektif mahupun saat bersama-sama masyarakat, Yayasan Indonesia Membangun Sejahtera menerapkan prinsip sebagai berikut:

  1. Transparansi           : bersedia memberikan informasi kepada pihak-pihak terkait dalam hal ini pemerintah sesuai perundang-undangan yang berlaku
  2. Akuntabilitas           : siap bertanggung jawab atas implementasi program di setiap tingkatan wilayah kerjaYayasan
  3. Demokrasi    : menghormati kebebasan berpendapat &menerima masukan dari berbagai pihak secara biajik dan bijak dalam setiap pengambilan keputusan
  4. Berkesinambungan: Mempertimbangkan aspek keberlanjutan dalam setiap kebijakan program yang dilaksanakan

Tanpakekerasan:selalu mengedepankan musyawarah kekeluargaan dalam setiap penyelesaian masalah disetiap tingkatan mahupun wilayah kerja.

Demikianlah proposal ini kami ajukan kepada Bapak/Ibu untuk dapat berpartisipasi dengan kegiatan sosial yang kami laksanakan ini,dengan memberi perhatian kepada masyarakat yang kurang mampu dalam bentuk pendidikan dan keterampilan sehingga tercipta masyarakat Indonesia yang unggul,berkualitas,berkembang secara mandiri dengan keterampilan dan keahlian yang dimilikinya.

                       Terimakasih atas kesediaan Bapak//Ibu untuk mengalokasikan sebagian hartanya sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama anak bangsa,semoga apa saja yang Bapak/Ibu berikan kepada kami baik dalam bentuk materi mahupun non materi diridhoi dan dicatat sebagai amal shaleh oleh Allah Ta’ala.

Firman Allah:

“perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya di jalan Allah,adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir,pada tiap-tiap bulir terdapat 100 biji. Demikianlah Allah melipat gandakan balasan bagi siapa yang dia kehendakinya dan Allah Mahaluas karunia-Nya  lagi Mahamengetahui”.(QS.2:261).

Kepada seluruh donatur dan pembaca web ini silahkan berdonasi untuk anak-anak yatim dan dhuafa disini.

(Visited 136 times, 1 visits today)